Jelang Lebaran, Pedagang Busana Banjir Pembeli


JakartaDaily.ID | Mall-mall yang tersebar di kawasan Jabodetabek makin dipadati pengunjung. Toko favorit paling banyak dikunjungi yang menjual aneka busana. Mulai dari baju, celana dan kaos, juga kebutuhan kemeja koko serta sarung sampai sajadah.

“Kami sampai kewalahan, harus melayani para pembeli. Apalagi, mereka konsumen pilih-pilih busana yang sesuai selera,” ucap Wartono, pedagang busana di Mall Mega Giant Bekasi, Rabu (13/6).

Lantaran pembeli membludak, menurut pria asal Pekalongan yang sudah menetap di Bekasi ini terpaksa harus menunda pulang mudik pada H+1 Hari Raya Idhul Fitri. “Jelang dua atau tiga Lebaran tiba, ya kayak begini. Benar-benar masa panen,” jelasnya.

Disinggung soal omzet, kata pria berusia 40 tahun tersebut, jika di awal-awal puasa cuma dapat Rp 2 sampai Rp 3 juta. Namun sekarang, sejak H-7 sampai H-3, bisa dua sampai tiga kali lipat meraih penghasilan. Karena itu bakal membuka toko busananya sampai malam Takbiran besok.

Hal senada juga dituturkan Sumiati, karyawan toko busana di Mall Cempaka Mas, Jakarta Pusat. Karena sang bos menjanjikan bonus, makanya ia mau tetap bekerja sampai malam Takbiran besok. Tak masalah, karena dijanjikan uang tambahan antara Rp.1 sampai Rp 1,5 juta, diluar gaji utama.

“Kebetulan, saya nggak mudik Lebaran. Dan lagi, pengunjung atau calon pembeli, sangat membludak yang datang ke toko. Sebab, jika nggak ada karyawan, pasti kewalahan,” jelas wanita asal Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu keluarga Anto, pengunjung yang datang dari Cakung, menegaskan sudah biasa belanja ke Mall Cempaka Mas. Barang-barangnya lumayan murah dan banyak pilihan.

“Saya bersama keluarga, bisa dua sampai tiga kali datang belanja ke sini. Dan, biasanya dapat barang bagus-bagus. Harganya pun bisa bersaing dengan di mall-mall lain. Pokoknya, jauh lebih murah,” tegas karyawan swasta tersebut.

Achmad Johan selalu datang belanja ke Depok Mall, jika kepengen belanja baju Lebaran. Selain tempat parkirnya sangat luas, barang-barang yang dijual, punya kualitas bagus. Sangat beda dengan mall-mall lain.

“Biasanya kami datang antara 3 sampai 5 hari sebelum Lebaran tiba. Cukup datang ke Mall Depok sini, semua kebutuhan sudah bisa terpenuhi,” pungkas karyawan bank swasta itu. (Agus PBK)







No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.