Jalin Kebersamaan, Jurnalis dan Polisi Berbagi Takjil di Mataram


JakartaDaily.Id | Sekitar 50 orang jurnalis anggota Jurnalis Online Indonesia (JOIN) perwakilan NTB bersama IJTI NTB berbaur dengan anggota Polisi dari Polres Mataram, Minggu sore (10/6), dalam kegiatan berbagi takjil gratis di sejumlah lokasi di Kota Mataram.

Selain untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan aktivitas yang bernilai ibadah, melalui kegiatan ini puluhan jurnalis juga ingin berempatsi sekaligus mengapresiasi kinerja aparat kepolisian yang dinilai sangat maksimal melayani dan mengayomi masyarakat sepanjang Ramadhan ini.

"Selain untuk berbagi takjil gratis bagi pengendara di sejumlah ruas jalan, melalui kegiatan ini kami juga ingin mempererat kemitraan jurnalis dengan kepolisian. Setidaknya dengan kegiatan ini kita jadi bisa merasakan bahwa tugas kepolisian ternyata tidak semudah yang kita bayangkan," kata Sekjen JOIN NTB, Amrin didampingi Wakil Ketua JOIN NTB, Panca Nugraha, di sela-sela kegiatan.

Ia mengatakan, padatnya arus lalulintas terutama menjelang berbuka puasa menimbulkan potensi rawan kemacetan dan kecelakaan lalulintas.

Disinilah peran jajaran Polres Mataram sangat dibutuhkan. Bahkan para personil polisi seperti tak kenal lelah mengatur arus lalulintas demi mengurai kemacetan.

"Ini yang perlu diketahui masyarakat juga. Bahwa dengan tertib berlalulintas, kita bisa bersama-sama membantu tugas Kepolisian dan juga sekaligus membangun kesadaran kolektif dalam berkendara di jalan," katanya.

Sedikitnya 500 buah paket takjil dibagikan dalam kegiatan tersebut di simpang empat Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB dan simpang empat Kantor Gubernur NTB.

Meski hanya sekedar paket takjil sederhana, namun terlihat para pengendara tampak senang ketika mendapatkan bingkisan takjil dari para anggota organisasi.

Ketua IJTI NTB, Riadis Sulhi mengatakan, kegiatan ini juga dihajatkan untuk menunjukkan sikap saling berbagi kepada masyarakat yang menjalani ibadah puasa dan khususnya para pengendara yang masih berada di jalan saat mendekati waktu berbuka puasa.

Tidak hanya pengendara yang melintas, kegiatan sinergi JOIN dan IJTI bersama kepolisian juga menyasar sejumlah petugas kebersihan yang beraktivitas di sepanjang ruas jalan, termasuk para petugas kebersihan di depan Pendopo Gubernur NTB.

"Semoga ini bermanfaat dan kami harapkan sedikit bantuan ini tepat sasaran,” ucap Kanit Dikyasa Polres Mataram, Aipda Putri.

Kegiatan JOIN dan IJTI itu juga mendapat suport dari jajaran Polda NTB, Polres Mataram, dan Pemprov NTB.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Komang Suartana mengatakan, kegiatan pembagian takjil bersama dengan mitra pers itu merupakan implementasi dari program revolusi mental Quick Wins Polri sebagai penggerak dan pelopor tertib sosial.

“Momen bulan suci ini kita manfaatkan untuk berbagi dengan masyarakat. Ini juga merupakan implementasi dari program revolusi mental Quick Wins Polri, yakni Polri sebagai penggerak revolusi mental dan dapat menjadi pelopor tertib sosial di ruang publik,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Mataram, AKBP Muhammad mengatakan, kegiatan berbagi takjil itu sebagai wujud penghargaan bagi masyarakat yang sedang persiapan berbuka puasa, terutama yang masih berada di jalan.

Namun dibalik itu, makna kebersamaan antar mitra kepolisian dan pers juga akan semakin erat ke depan.

"Ya intinya pembagian takjil ini adalah rasa kepedulian dan penghargaan kepada masy yg sedang persiapan berbuka puasa,  khususnya pengguna jalan," katanya.

Kapolres juga mengapresiasi masyarakat Kota Mataram yang sudah mematuhi peraturan berlalulintas.  (JNN/088)

No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.