Pemkab Lamtim Separuh Hati Kelola Pantai Kerang Mas


JakartaDaily.ID | Pengelolaan Objek Wisata Pantai Kerang Mas yang terletak di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur yang  beberapa tahun silam di canangkan oleh  pemerintah kabupaten setempat menjadi salah satu  Objek wisata sampai saat ini belum  maksimal serta belum  mendapat perhatian khusus dari pemkab setempat.

Karena  Pantai yang memiliki  panjang kurang lebih satu setengah kilometer ini belum seluruhnya  dapat di nikmati wisatawan lokal maupun luar.

Hal itu di karenakan fasilitas yang tak memadai, serta  mungkin bisa dibilang masih terbengkalai.

Sebenarnya pantai ini, jika pada hari hari libur, atau hari besar, sangat banyak dikunjungi oleh pelancong, namun yang disayangkan belum adanya fasilitas parkir mobil, motor yang memadai, sehingga terkadang masyarakat yang berkunjung bingung, beruntung masyarakat setempat berinisiatif, mereka memanfaatkan lahan lahan mereka yang luas untuk parkir.

Beberapa tahun lalu, obyek wisata ini pernah mendapatkan bantuan dari Dinas Pariwisata Lampung Timur, dimana bantuan tersebut berupa bangunan, seperti Pos Keamanan, Mushola, tempat persinggahan (gazebo), toilet umum dan tempat bermain anak anak.

Selain itu,  Pemerintah Desa setempat telah menambah jumlah bangunan Gazebo yang  ada Sehingga jumlahnya sekarang menjadi kurang lebih 37 unit.

Adapun Tujuan pembangunan itu adalah  guna menarik wisatawan yang ingin berkunjung dan sekaligus memberikan dampak positif bagi income daerah, namun pemerintah setempat terkesan kurang cekatan untuk melihat potensi pantai yang dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) itu.

Pantauan awak Media ini dilapangan, obyek wisata Pantai Kerang Mas yang tak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ini, kurang mendapatkan perhatian khusus, baik dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat setempat.

Kurangnya kepedulian terhadap perawatan dan kebersihan Pantai Kerang Mas mempengaruhi daya tarik dan minat pengunjung.

Keamanan dan akses jalan menjadi sebuah kendala ketika wisatawan akan berkunjung ke pantai tersebut.

Mungkin untuk kedepannya pemerintah dapat memperhatikan pentingnya perbaikan infrastruktur serta perlunya sinergi dalam pengelolaan dan keamanan.

Mengingat saat sekarang ini  masih adanya pengunjung yang mengeluhkan dan melaporkan kejadian pemalakan atas dirinya.

Penulis : Herwan Toni


0 Response to " Pemkab Lamtim Separuh Hati Kelola Pantai Kerang Mas"

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel