Kapolres Tanggamus Gelar Rakor Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri


JakartaDaily.Id | Kapolres Tanggamus Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018, diLingkungan Hukum Polres Tanggamus ,Rabu ( 30/5).

Turut hadir, Kapolrw Tanggamus AKPBO I Made Rasma, S.Ik, M. Si., Sekdakab mewakili Pj. bupati Andi Wijaya, MT. , Kasdim mewakiki Dandim 0424 Tanggamus, dan Kadishub Pringsewu Hendri mewakili Bupati Pringsewu.

Dalam Sambutan kapolres Tanggamus  AKBP I Made Rasma, S. Ik, M.Si., disampaikan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki hari raya Idul Fitri, juga akan diselenggarakannya Asean Games dan pemilukada  Untuk itu kita perlu melakukan upaya- upaya preventif untuk mencegah gangguan yang ada.

Mari kita memfokuskan kegiatan untuk pengamanan ibadah dan hari raya Idul Fitri. Bukan hanya jalur mudik saja tetapi juga kepada lingkungan perumahan masyarakat, termasuk rumah yang ditinggal penghuninya saat mudik. Dalam penyelenggaraan pos pengamanan, kelompok masyarakat sekiranya dapat membantu poskotis.

Mohon dukungan dari seluruh elemen dan stakeholder terkait agar jangan sampai terjadi gangguan kriminalitas. Apalagi saat ini sudah sangat mudah mentebar melalui media sosial. Juga agar penyelenggara penyebrangan harus memenuhi standar yang ada, contohnya pelampung.

Ditambahkan Kapolres Tanggamus, agar Kabag Ops menghimpun semua pihak yg terlibat, menghimpun nomor HP nya dan membuat grup koordinasi dan menginformasikan kepada masyarakat. Pengecoran BBM juga dihentikan, jika masih akan ditindak tetapi  sebelumnya kita akan koordinasikan dulu dengan Pertamina.

Pungutan dijalan juga dihentikan, termasuk pungutan sumbangan oleh masjid-masjid , hal ini agar dikoordinasikan dengan pihak terkait. Dalam hal ini juga Kodim akan mendukung sepenuhnya.

Penyelenggaraan kesiapan. Pengamanan Perayaan  Idul Fitri.

Sementara dalam sambutan Sekdakab Andi Wijaya,  MT., mewakili Pj. bupati Tanggamus disampaikan bahwa Pemda siap membantu polres, seperti dalam hal mengatasi kemacetan lalu lintas. Terkait masalah yang ada di lokasi objek wisata, seperti korban tenggelam atau adanya pemalakan.

Selanjutnya, Dishub juga memiliki 62 personil, bis sekolah 2 unit, mobil patroli 2 unit, mobil skylift 1 unit. Untuk Pol PP sendiri menyiapkan 2 org x 2 shif, mobil patroli, mobil dalmas, mobil damkar. Misalnya terjadi kecelakaan atau macet dari pemudik, sarana bisa digunakan. Untu Kwarcab menyiapkan 45 org personil, masing-masing  pos 15 orang dan dibentuk Pramuka peduli. Petugas PMI 15 orang, 3 standby dan 12 orang di Posko,  Ambulan dan peralatan evakuasi. Pelayanan kesehatan, menyiapkan personil pada posko.

Lanjut Sekda, Untuk ketersediaan bahan pangan dari 12 bahan pokok  Tanggamus surplus dan kami sudah meminta kuota tambahan. Kita juga punya website, utk menginformasikan keberadaan Poskotis dan kelengkapannya jika perlu kita membuat grup WA utk koordinasi.

Jurnalis : Rendi Ronaldo/Azhimi


No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.