Festival Mighul 2018, Upaya Mempertahankan Nilai Adat Istiadat Lamtim


JakartaDaily.ID | Sebagai upaya lebih memperat tali silaturrahmi dan keakraban di antara jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Mighul Lampung Timur 2018 di Gedung Pusiban Lampung Timur, Selasa (24/04/2018).

Festival yang sekaligus di kemas dalam Peringatan Hari Kartini 21 April 2018 itu dihadiri pula oleh Plt. Bupati Lampung Timur, Ziaful Bokhari, Kapolres Lampung Timur, AKBP. Taufan Dirgantoro, Pabung 0411/LT, Mayor Kav. Joko Subroto, Ketua Tim Penggerak PKK, Puteri Ernawati dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lampung Timur, Yossy Syahrudin.

Mighul sendiri dalam Adat Budaya Lampung dapat diartikan sebagai kelompok kekerabatan yang berasal dari saudara perempuan yang sudah menikah atau bersuami. Sehingga mighul merupakan kelompok kekerabatan yang sangat penting sebagai sarana bagi bersatunya dua keluarga besar yang disatukan dalam wadah tali perkawinan.

Dikatakan oleh Zaiful Bokhari, “tujuan diadakannya Festival Mighul adalah selain untuk mempertahankan nilai adat istidat dan kearifan lokal masyarakat Lampung juga untuk menambah cakrawala pengetahuan bagi generasi muda tentang kekayaan adat istiadat Lampung," jelasnya.

Dalam Festival Mighul kali ini yang mengangkat tema “Menjalin dan Meningkatkan Silaturrahmi Menuju Lampung Timur Sejahtera” tersebut sedikitnya ikuti oleh lima ratusan peserta yang terdiri dari para pejabat eselon dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, para perwakilan kepala desa, tokoh masyarakat dan adat se-Kabupaten Lampung Timur.

Jurnalis : Herwan Toni

No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.