Presiden Joko Widodo Sebagai Inspirasi Penegakkan Hukum di Hutan Register 45 Mesuji Lampung


JakartaDaily.ID | Perkara perdata dengan objek lahan seluas 400 Ha yang berada di Dusun Pasir Jati, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung yang selama ini di klaim sebagai kawasan hutan Register 45 Sungai Buaya Lampung antara pemiliknya melawan PT. SIL dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada persidangan hari Selasa tanggal 27 Maret 2018 oleh Pengadilan Negeri Menggala Provinsi Lampung dengan Agenda Pembacaan PENETAPAN SITA JAMIN Nomor: 07/Pdt.G/2017/PN.MGL yang dibacakan langsung oleh Ketua Pengadilan merangkap sebagai Ketua Majelis Hakim Noor Ichwan Ichlas Ria Adha, SH. berdasarkan permohoan Penggugat Hj. Mustika Reny dan Hi Hendy T Haroen.

"Problema di Register 45 telah berlangsung cukup lama dan berlarut-larut yang telah menelan korban jiwa sehingga dengan dikabulkannya Permohonan Penetapan Sita Jaminan oleh Pengadilan akan memberikan titik terang permasalahan Hutan Register 45 tersebut dan hal ini dapat terjadi karena era Pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Adv. Ir. Tonin Tachta SIngarimbun SH.

Pembacaan Putusan Akhir ujar Hakim Noor Ichwan Ichlas Ria Adha, SH akan dilaksanakan setelah persidangan ditunda 3 (tiga) minggu guna memberikan kesempatan kepada Juru Sita Pengadilan melakukan letak sita jaminan terhadap 9 (Sembilan) objek berupa rumah dan kantor.

Persidangan Pembacaan Penetapan tersebut tanpa dihadiri oleh Kuasa dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Usai sidang Advokat Ir. Tonin Tachta Singarimbun SH dari ANDITA’S LAW FIRM kepada awak media menerangkan, " ya kami sebagai penggugat mewakili Hj. Mustika Reny dan Hi Hendy T Haroen menyatakan bahwa keadilan di bumi Mesuji ternyata masih ada. Walaupun banyak sekali yang belum didapatkan, jadi ini suatu survais, kami ucapkan terima kasih kepada bapak ketua pengadilan maupun hakim-hakim  yang menangani kasus ini, rupanya masih ada keadilan di bumi Lampung,".


Baca Juga: Dagelan PT SIL di Register 45 Sungai Buaya Mesuji Terungkap Dalam Persidangan
https://www.lampungdaily.com/2018/03/dagelan-pt-sil-di-register-45-suangai.html


"Hari ini kita buktikan penetapan sita jamin kami, Walaupun yang kami minta banyak, tapi yang dikabulkan itu sudah merupakan tanda-tanda keadilan akan lahir di Pengadilan yang kita cintai ini. Dimana tadi sudah dibacakan yang kita ajukan yang disita itu adalah rumah yang dipergunakan sesuai alamat dan nama-namanya tertera dalam SK Badan Hukum atau Perusahaan, kalau nanti tidak ada rumahnya berarti ini bohong semua," katanya.

Meski demikian, Tonin menyatakan akan melihat hasil akhirnya. "Kita lihat, bagi kami tidak ada masalah.Tapi rumah di permata hijau itu detailnya ada," ujarnya seraya menyebutkan 9 obyek berupa rumah dan kantor yang mendapat penetapan dari Majelis Hakim.

"Ini yang disita jamin oleh pengadilan. Tadi kita dengarkan bersama bahwa pengadilan akan melanjutkan sita jaminan dalam kurun 3 minggu, kita lihat nanti, apakah rumah dan bangunan itu ada apa tidak, atau cuma ada KTP -- rumahnya ada atau tidak? Kalau tidak ada, berarti semua data yang disampaikan di pengadilan itu tidak benar, harus ada rumahnya ini yang kami harapkan atas kebenaran data tergugat," imbuhnya.

Perkara nilainya, lanjut Tonin, mewakili kerugian selama ini dari klien kami atau tidak, tentu akan kami lihat nanti. Kalau kurang, kami bisa minta lagi tambahannya. Karena kami tadi minta ada beberapa, tapi yang dikabulkan hanya ini dulu.

Jadi sidang selanjutnya nanti akan dilanjutkan 3 minggu mendatang, dan perkara register 45 sudah terbuka sekarang. Mana yang seharusnya milik rakyat dan mana yang milik negara akan terurai dengan sebenarnya.

Pada akhir pernyataannya, Tonin sempat mengapresiasi atas kepemimpinan Presiden Jokowi yang telah memikirkan rakyatnya terkait sengketa lahan di Register 45 yang telah menelan banyak korban itu.

"Saya sangat kagum dengan Pak Jokowi sebagai Presiden, karena kepemimpinan Pak Jokowi, ternyata rakyat yang dipikirin. Terbukti sekarang pengadilan telah memberi keadilan kepada rakyat," ujarnya bungah.

Menurut Tonin, program Presiden Jokowi melepaskan tanah  ditindak lanjuti oleh Pengadilan Menggala pada Kawasan Hutan Register 45.

Jurnalis : Robby / Chandra Foetra S
Editor   : Niki Putune Sinten


0 Response to " Presiden Joko Widodo Sebagai Inspirasi Penegakkan Hukum di Hutan Register 45 Mesuji Lampung"

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel