Gubernur Lampung: Jadikan Musrenbang Sebagai Momentum Mendengarkan Kebutuhan Masyarakat


JakartaDaily.ID | Didik Suprayitno, M.M., selaku Pjs. Gubernur Provinsi Lampung didampingi oleh Plt. Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera memimpin pelaksanaan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Kabupaten Lampung Timur Tahun 2018 di Gedung Pusiban Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, Rabu (21/03/2018).

Dalam acara yang mengambil tema “Peningkatan Infrastruktur Ekonomi Kerakyatan, dan Pelayanan Publik Untuk Pertumbuhan Berkualitas” tersebut kedatangan Didik Suprayitno beserta rombongan juga mengikutsertakan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiarto, Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Fiter Sabudin, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Lampung, Desi Romas, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Jayadi.

Zaiful Bokhari dalam sambutannya menyampaikan berbagai potensi dan kemajuan pembangunan yang terjadi pada masa kepemimpinannya bersama Chusnunia, diantaranya sektor pariwisata yang pada tahun 2017 setidaknya telah mampu menyerap 3.493 tenaga kerja yang terdiri dari 2.284 pedagang dan 1.209 penyedia jasa dengan perputaran uang mencapai 5 milyar rupiah.

“Selain itu, sejak Tahun 2016 telah bermunculan destinasi wisata baru di beberapa kecamatan, yang dikelola secara swadaya oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) lokal. Hal ini harus kita dukung dan syukuri," ungkap Zaiful Bokhari.

”Untuk itu, mulai Tahun Anggaran 2018, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan destinasi wisata berbasis masyarakat, karena kita meyakini bahwa sektor pariwisata memiliki multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi, daya saing, dan citra daerah," imbuh Plt. Bupati Lampung Timur tersebut.

Masih pada kesempatan yang sama, Pjs. Gubernur Lampung dalam sambutannya mengatakan, ”meskipun musrenbang selalu dilaksanakan setiap tahun, namun saya harap kita tidak terjebak pada rutinitas yang hanya menunaikan kewajiban rangkaian proses perencanaan. Kita harus mampu memanfaatkan momentum ini untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan stakeholder pembangunan," tegas Didik Suprayitno dalam musrenbang tersebut.

Lebih lanjut, Didik Suprayitno juga menekankan agar pelaksanaan musrenbang dapat menjadi sarana dalam memformulasikan program kerja yang mampu memberikan daya ungkit kuat bagi pembangunan.

Usai melaksanakan musrenbang tersebut, rombongan Pjs. Gubernur Lampung menyempatkan diri dalam kunjungan kerjanya hari itu dengan mengunjungi PT. Nusantara Tropical Farm (NTF) Lampung Timur di Kecamatan Labuhan Ratu.

Jurnalis : Herwan Toni

No comments

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.