Syarip Husien: Disdukcapil Tanggamus akan Jemput Bola Untuk Pelayanan e-KTP


JakartaDaily.ID | Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Tanggamus Lampung, Drs.Syarip Husien  mengatakan  minat warga untuk mengurus surat-surat kependudukan di Tanggamus cukup tinggi.

Terbukti, hingga saat ini jumlah penduduk wajib e-KTP sebanyak 443.874 orang dan yang sudah melakukan perekaman 374.754. Sementara yang sudah tercetak mencapai,391.152,orang.

Animo yang cukup besar itu juga terlihat dari tingkat kesadaran warga dalam mengurus surat-surat kependudukan lainnya. Seperti akte kelahiran, misalnya.

"Untuk penerbitan jumlah Akte kelahiran anak-anak usia 0-18 tahun, ada  204.785, sedangkan jumlah Akte kelahiran yang sudah diterbitkan sebanyak 174.564 sampai dengan sekarang," jelas Syarip saat ditemui dituang kerjanya, kemarin.

Untuk blanko e-KTP Alhamdulillah, diperkirakan cukup untuk saat ini termasuk tidak ada kendala, katanya antusias.

"Jika nanti masih kurang, kita usulkan kepusat sebelum blanko-nya habis. Tapi di 20 kecamatan-kecamatan se-kabupaten Tanggamus cuma ada 7 kecamatan alat perekaman e-KTP yang masih berfungsi," imbuhnya.

Untuk itu, kata Syarip, pada bulan Maret nanti, kami akan adakan program jemput bola ditiap kecamatan, tujuannya agar masyarakat bisa melakukan perekaman dan cetak e-KTP secara cepat, tentunya semua masyarakat wajib e-KTP dilayani dan tanpa biaya alias gratis.

Bila alat perekaman data e-KTP di kecamatan mengalami kerusakan untuk sementara waktu dilakukan di kecamatan yang alatnya masih berfungsi, supaya pelayanan tidak terganggu.

Selanjutnya, dia pun menghimbau kepada Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Disdukcapil yang tersebar di 20 kecamatan, supaya bekerja dengan sebaik-baiknya melayani masyarakat, jangan ada laporan masyarakat dipungut biaya apapun, untuk penerbitan e-KTP.

Dan jangan gusar tentang  UPT ditiadakan semua itu baru wacana pemerintah. "Jadi kesimpulannya, kita semua untuk bekerja dengan sebaik-baiknya melayani masyarakat. Hal itu pula sudah kami rapatkan guna koordinasi, Selasa (20/2) kemarin kepada UPT se-Tanggamus," demikian Syarip Husein.

Jurnalis : Azhimi/Rendi Ronaldo

0 Response to " Syarip Husien: Disdukcapil Tanggamus akan Jemput Bola Untuk Pelayanan e-KTP"

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel